Cara Mengaktifkan Fitur Terjemahan (Translate) Komentar YouTube dengan Mudah

Adi Kusanto

YouTube adalah platform video online terbesar dan paling populer di dunia. Dalam memungkinkan pengguna untuk berinteraksi satu sama lain melalui komentar, YouTube menyediakan fitur terjemahan atau translate yang sangat berguna untuk membantu pengguna yang berbicara bahasa yang berbeda untuk memahami komentar satu sama lain. Fitur ini memungkinkan pengguna YouTube untuk membaca komentar dalam bahasa asli dan menerjemahkan komentar ke bahasa yang berbeda.

Meskipun fitur ini aktif secara otomatis ketika YouTube melakukan update terbaru, namun ternyata tidak sedikit juga pengguna yang mengalami kendala fitur terjemahan komentarnya tidak aktif. 

Sebenarnya, masalah ini disebabkan oleh cache histori pada aplikasi YouTube itu sendiri, maka Anda harus membersihkan cache tersebut. Namun, banyak pengguna YouTube yang tidak tahu cara mengaktifkan fitur terjemahan ini.

Baca Juga: Cara Update OS Android yang Baik dan Benar Agar Perangkat Tetap Optimal

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti untuk mengaktifkan fitur translate di komentar YouTube.

Cara Mengaktifkan Fitur Terjemahan Komentar YouTube
Cara mengaktifkan Fitur Terjemahan Komentar YouTube di Ponsel Android

Langkah 1: Buka menu histori dan hapus semua histori tontonan

Langkah pertama adalah membuka menu histori dan menghapus semua histori tontonan. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka YouTube di Aplikasi atau browser Anda dan masuk ke akun Anda.
  • Klik ikon profil Anda di pojok kanan atas dan pilih “Histori” dari menu yang muncul.
  • Setelah itu, klik “Histori Tontonan” untuk membuka daftar semua video yang pernah Anda tonton.
  • Klik tombol “Titik Tiga” di pojok kanan atas dan pilih “Hapus semua riwayat tontonan” untuk menghapus semua histori tontonan.

Langkah 2: Kembali ke video yang ingin Anda tonton

Setelah Anda menghapus semua histori tontonan, kembali ke video yang ingin Anda tonton. Pastikan bahwa Anda sudah masuk ke akun YouTube Anda.

Langkah 3: Cek kolom komentar di bawah video

Setelah memilih video yang ingin Anda tonton, cek kolom komentar di bawah video. Pastikan bahwa fitur terjemahan atau translate sudah muncul di sana.

Biasanya, opsi “Translate” atau “Terjemahkan” akan muncul di bawah setiap komentar. Jika opsi ini tidak muncul, periksa kembali langkah-langkah sebelumnya dan pastikan Anda sudah menghapus semua histori tontonan.

Langkah 4: Klik opsi “Translate” atau “Terjemahkan”

Setelah opsi terjemahan muncul di bawah komentar, klik opsi “Translate” atau “Terjemahkan” untuk menerjemahkan komentar ke bahasa yang Anda pilih. YouTube akan secara otomatis menerjemahkan komentar tersebut ke bahasa yang Anda tentukan.

Langkah 5: Ubah bahasa terjemahan jika diperlukan

Jika Anda ingin mengubah bahasa terjemahan, klik opsi “Settings” pada menu terjemahan, dan pilih bahasa yang Anda inginkan. Dengan memilih bahasa yang berbeda, Anda dapat menerjemahkan komentar ke bahasa yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan fitur translate di komentar YouTube. Dengan fitur ini, Anda dapat memahami dan merespons komentar dalam bahasa yang berbeda dan mempererluas jaringan Anda di seluruh dunia. Anda juga dapat menggunakannya untuk memperluas audiens Anda di seluruh dunia dengan menjangkau orang-orang yang berbicara bahasa yang berbeda.

Tidak hanya itu, fitur terjemahan di komentar YouTube juga sangat berguna untuk meningkatkan interaksi dan memperkuat komunitas YouTube. Dengan memungkinkan pengguna YouTube dari berbagai negara dan bahasa untuk berkomunikasi satu sama lain, fitur ini membantu memperkuat hubungan di antara mereka, dan memperkuat komunitas YouTube secara keseluruhan.

Namun, meskipun fitur terjemahan di komentar YouTube sangat berguna, perlu diingat bahwa terjemahan otomatis belum tentu selalu akurat. Ada kemungkinan bahwa terjemahan tersebut tidak tepat atau tidak menyampaikan pesan dengan benar. Oleh karena itu, jika Anda merasa terjemahan otomatis tidak tepat atau tidak jelas, sebaiknya mencoba untuk meminta bantuan seorang penerjemah profesional atau memperbaiki terjemahan secara manual.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menambahkan terjemahan manual ke dalam video Anda. Dengan menambahkan terjemahan manual, Anda dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan interaksi dengan audiens Anda di seluruh dunia. Terjemahan manual juga memberikan keleluasaan untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi pada terjemahan otomatis dan menjelaskan secara lebih rinci pesan yang ingin disampaikan dalam video Anda.

Dalam kesimpulannya, fitur terjemahan di komentar YouTube adalah fitur yang sangat berguna untuk memperluas jaringan dan meningkatkan interaksi dengan pengguna dari berbagai negara dan bahasa. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan fitur ini dan mulai memperluas jangkauan Anda di seluruh dunia. Namun, tetap ingat bahwa terjemahan otomatis belum tentu selalu akurat, jadi pastikan untuk memperbaiki terjemahan secara manual jika diperlukan.

Respon (7)

  1. I was very pleased to uncover this great site. I need to to thank you for ones time for this fantastic read!! I definitely appreciated every bit of it and I have you bookmarked to look at new information on your blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *